Perpanjang SIM Sekarang Bisa Dilakukan Dimana Saja

Konfirmasi Data Input
Sumber Gambar Google
Sesuai dengan UU RI No 22 TAHUN 2009 Pasal 77 Ayat 1 yang berbunyi " Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan ". Wajib lho brother alias Harus Punya, tapi kenyataannya sampai sekarang masih banyak warga negara indonesia ini yang tiap hari mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Akhirnya ketika di Jalan ada Razia karena tidak mempunyai SIM maka solusinya kucing-kucingan dengan Pak Polisi. Kalau mengendarai Kendaraan Bermotor di jalan tidak membawa SIM tentu pikiran juga tidak tenang. Alasan kenapa kebanyakan orang tidak membuat SIM karena malas ngantri, ga ada waktu karena sibuk kerja dan lain sebagainya. Sehingga kebanyakan orang memilih untuk tidak membuat SIM. Padahal biaya membuat SIM itu murah. Sekarang coba mari kita hitung kita ambil contoh SIM C untuk membuat baru biaya sebesar Rp.100.000 untuk perpanjang Rp.80.000 dan masa berlakunya 5 Tahun. 1 Tahun adalah 365 hari x 5 = 1.825 hari, maka Rp.100.000/1.825 = Rp.54,79. Sehari cuma Rp.55 (pembulatan) kan murah banget, ini cost untuk membuat SIM C baru belum yang untuk perpanjang dengan biaya Rp.75.000 tentu lebih murah lagi.

Dan sekarang untuk membuat maupun memperpanjang SIM bisa dilakukan dengan Sistem Online. Ini tentu akan membuat waktu kita lebih efisien , karena bisa kita lakukan dimana saja dengan syarat ada akses internet. Tapi perlu diketahui dengan Sistem Online disini hanya untuk input data saja, setelah input data berhasil dan terferivikasi maka kita tetap harus datang ke Polres / Simling untuk mengikuti serangkaian tes berikutnya seperti biasanya.

Dan sekarang untuk memperpanjang SIM bisa dilakukan dimana saja kita berada. Untuk info sementara yang bisa hanya sudah mempunyai E-KTP. Contoh saya dulu membuat SIM di Kalimantan dan sekarang sudah pindah ke Borobudur, Magelang. Maka ketika mau memperpanjang SIM bisa saya lakukan di Magelang tanpa harus cabut berkas dari Kalimantan. Jadi untuk kalian yang sedang bekerja atau merantau sekarang tidak harus pulang untuk memperpanjang SIM kalian.

Adapun cara Membuat atau Memperpanjang SIM Online adalah sebagai berikut :
1. DATA PERMOHONAN.
Silahkan kunjungi web korlantas polri berikut Layanan SIM Online
kemudian pilih 'lanjut' disini kita bisa memilih antara Membuat SIM baru atau memperpanjang SIM. Silakan diisi data yang diminta dengan sebenar-benarnya. Seperti gambar dibawah ini .
Tahap Pertama
Setelah semua data terisi dengan benar kemudiaan klik " Lanjut ".

2. DATA PRIBADI
Isi data pribadi sesuai dengan e-KTP kalian. Seperti gambar dibawah ini:
Data Pribadi
Jika sudah terisi dengan benar kemudian klik " Lanjut ".

3. DATA KEADAAN DARURAT
Disini si pemohon diminta untuk mengisi data, siapa yang dapat dihubungi ketika si pemohon SIM mengalami Keadaan Darurat bisa Suami/Istri maupun anggota keluarga lainnya. Disini Si Pemohon juga diminta untuk menulis Nama Ibu Kandung. Seperti gambar dibawah ini.
Data Keadaan Darurat
Jika sudah klik " Lanjut "

4. KONFIRMASI DATA INPUT
Disini kalian cek lagi dengan seksama Data yang sudah kalian input dari Tahap Pertama tadi dan pastikan data tersebut sudah benar semua. Seperti gambar dibawah ini:
Konfirmasi Data Input
Jika kalian sudah yakin data tersebut benar selanjut klik " Proses ".

5. KONFIRMASI BERHASIL
Jika sistem tidak mengalami ganguan maka kalian akan dapat konfirmasi bahwa Permohonan SIM kalian telah berhasil. Seperti gambar dibawah ini:
Konfirmasi Data Input
Tahap selanjutnya silakan Cek Email kalian, kemudian Print data data tersebut dan bawa ke Polres / Simling sesuai dengan tanggal yang telah kalian pilih untuk mengikuti tahap selanjutnya.
Dan Syarat yang harus dibawa adalah sebagai berikut:
1. e-KTP asli dan Fotocopy
2. SIM lama asli dan Fotocopy
3. Surat Kesehatan dari dokter
Adapun mengenai biaya Pembuatan/Perpanjangan SIM adalah sebagai berikut :
SIM A baru Rp.120.000
SIM A perpanjang Rp.80.000
SIM B I baru Rp.120.000
SIM B I perpanjang Rp.80.000
SIM B II baru Rp.120.000
SIM B II perpanjang Rp.80.000
SIM C baru Rp.100.000
SIM C perpanjang Rp.75.000

Begitulah ulasan Pembuatan maupun Perpanjangan SIM Online ini semoga bisa menambah informasi bagi kalian yang belum tahu. " Share hal baik apapun yang kalian tahu walaupun sedikit, siapa tahu membawa manfaat untuk orang lain ".

Artikel Terkait

Tempat Sharing Semua Hal , Blogging, Wisata, Kuliner, Fashion, dan lain sebagainya

4 komentar

Terima kasih banget,,, kebetulan tahun depan saya mau perpanjang SIM semoga biayanya gak naik :D

Sama mas bulan depan sim saya sim a dan sim c juga perpanjang. Kebetulan kemarin buatnya dikalimantan. Semoga biayanya tetap masih bertahan mas.

Terimakasih infonya bermanfaat. Bisa saya share ke yang lainnya, meskipun saya lebih suka datang langsung ke lokasi.... Nice sharing

Sama sama mas hendra . Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Rules For The Commentter
No Gambling and Pornografi
No ujaran kebencian dan permusuhan
Karena Sopan dan Santun adalah budaya kita

EmoticonEmoticon