Hal Yang Wajib Kamu Tahu Ketika Berwisata Ke Candi Borobudur

Plakat Candi Borobudur

 1. PARKIR
Bagi yang berwisata ke Candi Borobudur mengendarai sepeda motor . Bahwa sepeda motor para wisatawan tidak diijinkan masuk ke dalam kawasan parkiran candi. Sehingga untuk kalian yang ke borobudur pakai sepeda motor harus parkir diluar kawasan komplek candi. Parkir disini dikelola oleh masyarakat sekitar candi. Tapi tenang parkir disekitar candi banyak banget dan untuk biaya parkir juga murah kurang lebih lima ribu rupiah permotor.

Bagi yang pakai akomodasi mobil ntuk parkir disediakan didalam kawasan candi. Untuk biaya parkir sendiri disini dikelola langsung oleh pihak dari candi. Untuk biaya parkir mobil pribadi sebesar sepuluh ribu rupiah dan mobil bus sebesar lima belas ribu rupiah.Untuk parkir antara sepeda motor dan mobil dibedakan agar dikawasan candi lebih terlihat rapi dan teratur.

2. TIKET
Untuk harga tiket masuk ke wisata candi borobudur juga berfariasi, harga disini beda antara anak kecil, pelajar dan orang dewasa. Serta beda antara harga tiket turis lokal maupun turis dari manca negara. Untuk loket juga dibedakan antara turis lokal maupun turis manca negara. Untuk loket wisatawan lokal berada disebelah kanan sebelum masuk ke dalam areal candi dan untuk loket wisatawan mancanegara berada disebelah kiri sebelum masuk ke area candi. Ini adalah daftar harga tiket masuk ke Candi Borobudur terbaru Tahun 2017 :

KATEGORI

HARGA TIKET BOROBUDUR PAKET TIKET CANDI BOROBUDUR+PRAMBANAN
PAKET TIKET CANDI BOROBUDUR+RATU BOKO
Pelajaar atau Anak Kecil Indonesia Rp.20.000 Rp.35.000 Rp.35.000
Dewasa Indonesia Rp.40.000 Rp.75.000 Rp.75.000
Pelajaar atau Anak Kecil Luar Negeri USD 15$ USD 25$ USD 25$
Dewasa Luar Negeri USD 25$ USD 40$ USD 40$

3. DIDALAM AREA CANDI BOROBUDUR
Ketika kalian sudah masuk dari pintu loket ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan, karena selain Candinya sendiri pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas. Tapi untuk menggunakan fasilitas tersebut para pengunjung harus membayar lagi dan untuk besarnya biaya antara satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda.

NAIK GAJAH
Naik Gajah
Pengunjung Naik Gajah
Tempatnya berada ditaman setelah kalian masuk dari loket sebelum sampai ke candi. Untuk bisa menaiki gajah disini pengunjug diharuskan membayar tiket sebesar Rp.50.000 per orang. Kalian akan diajak muter sekitar tempat gajah tadi berada.

MOBIL KERETA
Mobil Kereta
Mobil Kereta
Kereta disini merupakan mobil yang sudah dimodifikasi menyerupai kereta dengan menaiki kereta ini pengunjung diajak berkeliling taman sekitar candi. Tiket untuk naik kereta mobil ini sebesar Rp.7.500 per orang.

MUSEUM KAPAL SAMUDRARAKSA
Museum Samudraraksa
Museum Samudraraksa
Disini kalian bisa melihat koleksi kapal yang menurut cerita kapal tersebut terinspirasi dari ide dari seorang pensiunan tentara dari australia yang bernama Philip Baele yang berkunjung ke borobudur puluhan tahun silam. Kapal yang ada didalam museum sendiri dibuat pada 20 Januari 2003. 

RUMAH GUSBI
Rumah Gusbi
GUSBI
Didalam rumah gusbi ini kalian bisa melihat berbagai macam koleksi yang dipunyai oleh gusbi diantaranya adalah patung budha emas terkecil di indonesia, mesin ketik kuno, televisi kuno dan banyak lahgi yang lainnya. Disini juga ada pemutaran video dokumntasi ketika gunung merapi meletus. Untuk tiket masuk kesini dewasa Rp.5000 dan anak atau pelajar Rp.3000.

NAIK ANDONG
Pulang Naik Andong
Andong
Ketika kalian sudah selesai melihat candi borobudur dan sekililingnya.Dan bermaksud untuk kembali ke parkiran, maka naik andong menjadi rekomendasi untuk kalian. Rutenya sendiri kalian akan diajak keliling melewati desa sekitar candi dengan view berupa persawahan dan rumah-rumah masyarakat sekitar candi borobudur. Dan kalian akan diturunkan dipintu masuk dimana kalian pertama kali mau masuk ke candi borobudur. Untuk harga tiketnya sebesar Rp.75.000 per andong. Untuk satu andong sendiri bisa muat empat orang.

demikian semoga artikel diatas bermanfaat terutama bagi kalian yang berencana berkunjung ke borobudur.

Artikel Terkait

Tempat Sharing Semua Hal , Blogging, Wisata, Kuliner, Fashion, dan lain sebagainya

2 komentar

harga tiket domestik sama international beda ya, kirain sama saja. maklum saya belum pernah kesana kang.

Iya beda kang . Bedanya cukup jauh antara wisatawan lokal dan interlokal. Kapan ini kang maen ke Borobudur sekarang banyak tempat wisata disini yang bisa dikunjungi selain candi borobudur sendiri tentunya.

Rules For The Commentter
No Gambling and Pornografi
No ujaran kebencian dan permusuhan
Karena Sopan dan Santun adalah budaya kita

EmoticonEmoticon